Minggu, 19 November 2017

Backpacker ke Nusa Penida Bali



“Eh, jadi nggak kita ke Nusa Penida?”, tanyaku pada Fred setelah 2 minggu sebelumnya kami gagal kesini karena Fred mendadak harus ke Jakarta. “Jadi dong, atur aja kapan, aku ngikut”, jawab Fred.

Paling bingung deh kalau disuruh “atur aja, aku ngikut”. Bukan bingung kenapa sih, tapi bingung ntar Fred suka ga dengan tempat pilihanku, penginapan pilihanku, dll. Tapi yah, apa salahnya dicoba aja. Toh cuma 3 hari rencana perginya. Jadi kalaupun nggak betah disana, dalam 3 hari juga udah pulang ke Bali lagi.


Bagi yang belum tau, Nusa Penida itu adalah pulau kecil di sebelahnya Bali. Cukup dengan nyebrang pake fast boat selama kurang lebih 40 menit dari Bali, kita udah bisa menikmati pulau yang sepi ini.


We’re finally here!
Well, sepinya itu menurutku sih. Karena aku bandingin Nusa Penida dengan Bali. Bukan dengan Nusa Penida jaman dahulu kala. Karena konon katanya, sekitar 5 tahun yang lalu, jalanan masih jelek dan belum ada cafe. Tapi sekarang, jalanan banyak yang sudah di aspal (and it’s a good thing!!!!), ada beberapa decent cafe, dan penginapan pun banyak juga kok. Walaupun begitu, tetep aja rasanya jauh lebih sepi dan terpencil dibanding Bali. Aku suka!

Setelah aku pulang dari Nusa Penida kemarin, ada beberapa yang nanya, “Disana kemana aja?” “Pake tour apa?” “Emang bisa kalo ga pake tour?” “Sehari cukup nggak?” dan banyak pertanyaan2 lainnya.

Well, aku jawab di post ini aja yah, supaya ga berkali-kali ngetik di DM atau LINE. Capek bok, hidup berasa diterror gitu, hehe.

Pake Tour Apa?

Sekarang emang banyak banget sih open trip / tour yang menawarkan half day atau one day tour ke Nusa Penida. Makanya mungkin orang-orang langsung berasumsi kalo mau ke Nusa Penida itu ya harus pake tour kali ya. Padahal nggak juga sih.

Untuk ke Nusa Penida itu cukup gampang kok, ga perlu pake tour. Malah kalau pake tour, itu terlalu terburu-buru menurutku. Pergi pagi jam 8, terus sebelum jam 5 udah harus pulang lagi – dan masing-masing perjalanan fast boat itu 30-40 menit. Itu pun dipaksain ke 4-5 tempat. Kebayang kan buru-buru nya kayak apa.

Tapi, kalau emang waktumu terbatas cuma sehari aja, pake tour emang lebih gampang karena kamu ga perlu mikirin transport disana dan mau kemana aja. Yah, disesuaikan aja dengan waktu dan gaya traveling-mu.

Kalau aku dan Fred, gaya traveling nya itu yang lambat gitu. Sehari2 biasanya pagi – sore kami laptopan, atau nyantai nggak ngapa2in. Sorenya, baru deh main ke pantai / ke tempat lain. Kalo dalam satu hari kami dipaksa main ke 3 pantai, udah dijamin kami ga bakalan bisa enjoy tempat itu. Jadi untuk kami berdua, kami butuh waktu yang

One of my fav moment during last trip : having dinner by the sea while waiting for the sun to set
Cara Nyebrang ke Nusa Penida Gimana?

Ini juga gampang banget, sama dengan nyebrang ke Nusa Lembongan. Aku nyebrang pake Maruti Express fast boat dari Sanur – Nusa Penida, dan juga sebaliknya. Harga fast boat Maruti Express ini Rp 75.000 / one way untuk orang lokal. Nyebrang dari Sanur ke Nusa Penida (atau sebaliknya) memakan waktu kurang lebih 30-40 menit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar